Recent Posts

Ayam Panggang Bumbu Rujak


Ayam panggang bumbu rujak atau biasa disebut ayam bakar bumbu rujak ini adalah masakan khas jawa tengah-jawa timur. Rasanya gurih pedas manis dengan sedikiit asem yang samar-samar tapi membuat rasa masakan ini lebih nikmat. Sejak pertama kali mencoba resep ini, alhamdulillah selalu sukses. Jadi bisa saya bilang resep ini foolproof, insyaAllah asal nurutin resep pasti hasilnya enak. Bumbunya berasa banget bahkan sampe pas ngisep-ngisep tulang. Pokoke wenaak tenan.. :D Makasih banyak buat yang punya dan berbagi resep ini..
Sayangnya saya ga catet link sumbernya. Saya coba cari-cari lagi kok ga nemu.. Dan yang saya catet pun versi yang sudah saya sesuaikan dengan selera keluarga kami.

Terus terang saya jarang masak masakan istimewa ini. Terakhir kali setengah tahun lalu apa yah, pas ada acara syukuran temen di rumah. Selain karena pedas jadi anak-anak ga bisa ikutan makan, bikinnya pun agak sedikit ribet (baca: males, hehee). Karena biasanya memang ayam ini saya bakar beneran, supaya penampakan  dan aromanya lebih woww gituh. Tapi ya gitu, secara kami tinggal di apartemen dan ga punya balkon apalagi halaman, jadi kalo mbakar harus di dalem dapur trus pasti asepnya kemana-mana, satu apartemen jadi bau ayam bakar semua. Hihihi..
Nhah kali ini, saya lagi buru-buru dan gamau ribet, karena abis masak trus mo langsung dibawa ke undangan makan di rumah temen. Jadi saya ga bakar tapi saya panggang aja pake oven. Alhamdulillah rasanya tetep maknyus. Malemnya, pas suami makan lagi di rumah sampe komen, 'ayam apa ini mah? enak.. eh, bukan cuma enak ding, tapi enaak banget..' Auwooo..denger komen si ayah plus liat makannya yang nikmat bgt jadi ilang deh capeknya ;P

Ayam Panggang Bumbu Rujak

Bahan:
1 ekor ayam (belah 4 atau potong 12 bagian)
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 sdt asam jawa atau 1/2 sdm air asam jawa
1 sdm gula jawa sisir
250 ml santan

Bumbu halus:
2 shallot (8 bawang merah)
5 bawang putih
5 cabe merah keriting
2 cabe merah besar
>> kalo gamau terlalu pedas, ganti cabe keriting dengan cabe merah besar dan buang bijinya
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt terasi matang

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas, daun salam dan jahe hingga harum dan matang. Tambahkan asam jawa dan gula jawa. Aduk rata
2. Masukkan ayam, bolak-balik hingga ayam terbalut bumbu dan mulai berubah warna.
3. Tambahkan santan. Masak hingga bumbu dan santan meresap dengan api sedang kurang lebih 45 menit.
4. Panggang ayam di atas bara api sambil disiram bumbu/kuahnya. Atau bisa juga dipanggang dalam oven 200 C selama 15 menit atau sampe agak kering. (saya lebih suka ada gosong-gosongnya sedikit tapi ga sampai kering)

fresh from the oven..sisihin sedikit trus buru2 diangkut :D

Selamat mencoba!

0 Response to "Ayam Panggang Bumbu Rujak"

Posting Komentar